3 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Ketika Melakukan Servis Mobil Berkala

3 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Ketika Melakukan Servis Mobil Berkala

July 10, 2020 Off By admin

Mobil sudah menjadi salah satu barang mewah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Bukan sekedar untuk bergaya karena mobil dibutuhkan untuk transportasi, terutama bagi orang-orang yang memang tinggi aktivitas mobilitasnya. Sebagai pengguna kendaraan yang baik, jangan hanya sekedar memakai saja. Perawatan mobil pun harus dilakukan dengan rutin dan berkala supaya performa kendaraan tidak menurun secara drastis.

Kendaraan yang dirawat dengan baik serta selalu mendapatkan servis yang tepat akan memberikan kenyamanan kepada penggunanya juga. Saat dilakukan servis ini bukan berarti setiap bagian mobil diperiksa juga. Biasanya yang rutin dilakukan saat servis adalah mengganti oli dan pengecekan umum lainnya. Akan tetapi, ada juga komponen serta servis kendaraan mobil yang sebaiknya tidak boleh terlewatkan.

Kaki-kaki

Komponen pertama yang tidak boleh dilewatkan ketika melakukan servis mobil adalah bagian atau komponen kaki-kaki. Seperti Anda ketahui, jalanan di Indonesia memiliki kondisi yang bisa dikatakan tidak mulus, sekalipun itu di jalan raya karena adanya lubang atau permukaan yang bergelombang. Ketidakmulusan jalan raya ini menyebabkan bagian kaki-kaki seperti ball joint, stabilizer, booshing dan tierod rentan mengalami kerusakan.

Jika menghitung dari jarak tempuh, bagian kaki-kaki tersebut bisa bertahan sejauh 100.000 km. Jika menghitung dari waktu maka bagian komponen tersebut bisa bertahan selama 5 tahun. Namun, dengan pemakaian yang intens, ada baiknya Anda, selaku pemilik dan pengguna mobil harus memeriksakan bagian tersebut kurang dari jarak tempuh serta waktu ketahanan kaki-kaki mobil.

Balancing dan Spooring

Ketika Anda sering berkendara di jalanan yang tidak rata seperti tadi, servis berkala yang tidak boleh dan haram dilewatkan adalah servis balancing dan spooring. Servis ini memfokuskan pelayanan pada pengembalian posisi dan keseimbangan dari roda mobil. Karena biasanya, roda mobil yang sering melewati jalanan rusak dan berlubang akan mengalami perubahan presisi roda sehingga bisa menyebabkan bahaya jika terus dibiarkan.

Proses untuk mengembalikan atau meluruskan kembali posisi keempat roda pada mobil dikenal dengan sebutan spooring. Pada pengerjaannya, untuk meluruskan keempat roda ini maka dua roda depan yang akan diluruskan supaya bisa kembali ke posisi semula menggunakan mesin khusus. Sedangkan proses balancing atau penyeimbangan lebih fokus terhadap penyeimbangan kembali putaran roda supaya tidak berat sebelah. Proses ini juga biasa dilakukan setelah mengganti ban atau velg.

Jika setelah dilakukan servis balancing dan spooring mobil masih tidak terasa nyaman, maka Anda perlu memeriksa bagian lainnya juga. Misalnya saja pada bagian joint ball dan tierod yang mungkin mengeluarkan suara berisik. Segera servis mobil pada bagian rusak tersebut menggunakan spare part yang asli supaya bisa tetap menjamin kualitas kendaraan. Penggunaan spare part asli juga bisa menghemat biaya perawatan mobil.

AC

AC atau air conditioner merupakan salah satu bagian dalam mobil yang saat ini penting untuk dimiliki. Tanpa adanya AC, keadaan di dalam mobil akan terasa sangat panas. Apalagi jika Anda mengenderai mobil di kota dalam jangka waktu yang lama di siang hari. Rasa panas di bagian kabin mobil akan semakin terasa. Sehingga, ketika AC rusak akan membawa ketidaknyamanan bagi pengguna mobil.

Bagian AC atau pendingin pada mobil yang sering kali mengalami masalah adalah pada bagian kompresor. Oleh karena itu, pemeriksaan AC menjadi salah satu yang wajib dilakukan ketika Anda melakukan perawatan berkala mobil. Bukan hanya masalah kompresor saja, ketika sedang melakukan servis pada bagian ini maka ganti juga pelumas pada AC, refigeran yang menghasilkan udara dingin serta bersihkan setiap komponennya.

Dengan melakukan pembersihan pada setiap bagian AC serta menggantu pelumas dan refigeran maka akan meringankan kerja kompresor dan umurnya akan bertahan lebih lama. Bagi Anda yang sering menggunakan AC saat berkendara di wilayah yang berdebu maka ada baiknya lakukan servis ketika sudah mencapai jarak 3.000 km. Lakukan servis ini di akhir minggu atau ketika Anda tidak benar-benar menggunakannya karena prosesnya memakan waktu lama, satu hingga delapan jam.

Perawatan mobil yang baik akan membuat mobil Anda bertahan lebih lama. Anda juga, sebagai pengguna, akan merasakan kenyamanan dalam berkendara. Jangan sampai malas melakukan servis mobil berkala karena jika ada kerusakan yang tidak terdeteksi bisa membahayakan nyawa Anda sendiri. Sayangi diri Anda, sayangi kendaraan Anda.