Aman dan Alami, Inilah Cara Mencegah Kehamilan yang Mudah

Aman dan Alami, Inilah Cara Mencegah Kehamilan yang Mudah

April 21, 2019 Off By admin

Dalam kondisi tertentu, kehamilan mungkin bukan sesuatu yang kita inginkan saat ini. Terdapat banyak cara mencegah kehamilan yang bisa kita lakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh kita. Cara yang alami akan lebih aman untuk kesehatan dan berikut ini ulasan lebih lengkapnya.

  1. Manfaatkan Akar Jahe

Salah satu jenis rempah ini memang dikenal memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Ternyata, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam jahe mampu merangsang pendarahan menstruasi. Anda bisa membuat ramuan dari akar jahe dengan mudah.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan jahe menggunakan parut kemudian rebus bersama air selama sekitar 5 menit. Jika sudah mendidih, saring jahe dan Anda sudah bisa meminumnya. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

  1. Ramuan dari Aprikot Kering

Bukan hanya jahe, aprikot kering juga bisa Anda manfaatkan secara cara mencegah kehamilan secara alami. Namun, Anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah Anda sedang dalam kondisi hamil atau tidak karena ramuan ini tidak disarankan bagi wanita hamil.

Cara pembuatannya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan aprikot kering 100gram, madu 2 sdm dan air. Rebus campuran tersebut sekitar 30 menit dan Anda sudah bisa mengonsumsinya.

  1. Gunakan Spermisida

Spermisida merupakan lapisan tipis berupa gel atau busa yang biasa dioleskan pada kondom. Fungsinya adalah membunuh sperma menggunakan zat tertentu agar sperma tidak dapat menembus leher rahim sehingga pembuahan tidak akan terjadi. Anda bisa mendapatkan spermisida di apotik atau toko obat.

Hanya saja, pemakaian spermisida dapat menimbulkan iritasi, baik pada pria maupun wanita. Oleh karena itu, jika sudah muncul rasa tidak nyaman atau justru infeksi, Anda harus segera menghentikan pemakaiannya dan berkonsultasi pada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Menggunakan Kondom saat Berhubungan

Pasangan suami istri pasti sudah familiar dengan kondom yang sering digunakan saat berhubungan intim agar tidak terjadi kehamilan, alat kontrasepsi ini sudah dijual bebas sehingga mudah untuk mendapatkannya. Penggunaan kondom berguna sebagai penampung sperma yang keluar agar tidak masuk ke dalam rahim sang istri.

  1. Menggunakan Nuvaring

Nuvaring merupakan salah satu alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Alat kontrasepsi ini berbentuk cincin yang kemudian dimasukkan ke dalam miss V.

Kegunaan dari cincin ini adalah untuk menghambat sperma mencapai indung telur sehingga pembuahan pun tidak akan terjadi. Penggunaan nuvaring ini harus tepat dan benar-benar bisa menutupi leher rahim. Dengan demikian, tidak akan ada sperma yang menembus cincin tersebut.

Cara mencegah kehamilan tidak selalu berkaitan dengan tindakan medis. Anda bisa melakukan beberapa cara alami dan aman di atas ketika ingin menunda kehamilan. Hasil yang didapatkan akan lebih optimal jika Anda rutin berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Informasi menarik lainnya bisa Anda dapatkan dari orami.co.id.