Bagaimana Cara Mengobati Polisitemia Vera Yang Perlu Anda Ketahui?

Bagaimana Cara Mengobati Polisitemia Vera Yang Perlu Anda Ketahui?

November 27, 2019 Off By admin

Apa itu Polisitemia vera (PV)?

Polisitemia vera adalah gangguan darah di mana tubuh membuat terlalu banyak sel darah merah. Sel-sel merah ekstra ini membuat darah lebih tebal dari biasanya. Darah yang menebal mengalir lebih lambat dan dapat membeku di dalam tubuh Anda. Sel darah merah membawa oksigen ke organ dan jaringan di seluruh tubuh. Jika darah bergerak terlalu lambat atau menggumpal, sel-sel tidak dapat memberikan oksigen yang cukup. Situasi ini dapat menyebabkan komplikasi serius termasuk serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. PV mempengaruhi sekitar 22 dari setiap 100.000 orang. Dokter mendiagnosisnya paling sering pada pria di atas 60 tahun.

Apa yang menyebabkan Polisitemia vera (PV)?

Dokter mengklasifikasikan PV menjadi 2 jenis. Penyebab kondisi menentukan masing-masing jenis. PV primer terjadi ketika ada mutasi genetik (kelainan). Hampir semua orang yang didiagnosis dengan PV memiliki mutasi pada gen JAK2 (Janus kinase). Dalam kebanyakan kasus, PV tidak turun-temurun (diturunkan melalui keluarga), tetapi turun temurun dalam beberapa kasus. Mutasi pada gen TET2 juga ditemukan umumnya dalam sel PV.

PV sekunder (didapat) terjadi pada orang yang mengalami kadar oksigen rendah dalam darahnya untuk jangka waktu yang lama. Kekurangan oksigen yang diperpanjang ini menyebabkan tubuh membuat jumlah tambahan hormon yang disebut erythropoietin (EPO). Terlalu banyak EPO dalam tubuh dapat menyebabkannya membuat terlalu banyak sel darah merah.

Apa saja gejala Polisitemia vera (PV)?

Orang dengan PV mengalami berbagai gejala. Beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali. Gejalanya meliputi:

  • Kelelahan dan kelemahan
  • Kesulitan bernafas saat berbaring
  • Limpa yang membesar (lebih besar dari normal) (organ yang membersihkan sel darah dari tubuh)
  • Visi kabur atau ganda
  • Kulit gatal, terutama setelah mandi air hangat
  • Kulit yang berwarna kemerahan atau keunguan
  • Gusi berdarah
  • Penurunan berat badan
  • Tinnitus (dering di telinga)
  • Berkeringat, terutama di malam hari

Apa pengobatan untuk Polisitemia vera (PV)?

Dokter mengobati PV dengan teknik yang disebut proses mengeluarkan darah. Prosedur ini menghilangkan darah dari tubuh Anda. Sel darah merah mengandung banyak zat besi. Dengan mengeluarkan zat besi dari tubuh, produksi sel darah merah oleh sumsum tulang melambat.

Selama proses mengeluarkan darah, seorang profesional kesehatan akan memasukkan jarum ke dalam vena dan mengalirkan darah melalui tabung ke dalam wadah. Orang dengan diagnosis PV baru biasanya menjalani proses mengeluarkan darah seminggu sekali sampai tingkat sel darah merah mereka mendekati normal. Setelah itu, mereka mungkin melakukan proses mengeluarkan darah setiap tiga bulan untuk menjaga tingkat normal. Dokter juga meresepkan obat untuk mengobati PV. Obat yang paling umum digunakan untuk mengobati PV adalah hidroksiurea. Obat ini membantu memperlambat produksi sel darah merah. Beberapa orang dengan PV minum aspirin setiap hari karena membantu mengencerkan darah.

Apa komplikasi dari Polisitemia vera (PV)?

Komplikasi paling berbahaya dari PV adalah gumpalan darah. Ketika gumpalan menyebar ke jantung atau otak, itu dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Gumpalan juga dapat melakukan perjalanan ke paru-paru (pulmonary embolism). Peristiwa ini bisa berakibat fatal.

Gangguan sumsum tulang yang disebut myelofibrosis adalah komplikasi potensial lain dari PV. Myelofibrosis menyebabkan jaringan parut di sumsum tulang dan anemia (jumlah sel darah merah rendah). Dalam kasus yang jarang terjadi, PV dapat berkembang menjadi kanker darah yang disebut leukemia myeloid akut (AML). AML dapat menyebabkan anemia dan infeksi, dan menyebar ke luar darah ke area lain dalam tubuh.

Perawatan Eksperimental

Para peneliti sedang mempelajari perawatan lain untuk PV. Pengobatan eksperimental untuk gatal-gatal melibatkan mengambil dosis rendah serotonin reuptake inhibitor (SSRI). Jenis obat ini digunakan untuk mengobati depresi. Dalam uji klinis, SSRI mengurangi gatal pada orang yang memiliki PV.

Imatinib mesylate adalah obat yang disetujui untuk mengobati leukemia. Dalam uji klinis, obat ini membantu mengurangi kebutuhan untuk mengeluarkan darah pada orang yang memiliki PV. Obat ini juga membantu mengurangi ukuran limpa yang membesar. Para peneliti juga berusaha menemukan pengobatan yang dapat memblokir atau membatasi efek dari gen JAK2 yang tidak normal. (Mutasi, atau perubahan, pada gen JAK2 adalah penyebab utama PV.)

Sumber :

https://my.clevelandclinic.org

https://www.hoacny.com

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan