Batuk Berdarah Tiba-Tiba? Lakukan 5 Pertolongan Pertama Ini

Batuk Berdarah Tiba-Tiba? Lakukan 5 Pertolongan Pertama Ini

September 28, 2021 Off By admin

Hemoptisis atau lebih dikenal dengan batuk berdarah, merupakan kondisi dimana seseorang mengalami batu berdahak mengandung darah. Darah dapat berasal dari tenggorokan, batang tenggorok, hidung, atau paru-paru. Kondisi ini bisa terjadi karena terdapat kerusakan pembuluh darah di sekitar saluran pernapasan, dan munculnya batuk dengan darah patut diwaspadai karena dapat menandakan penyakit serius.

Apabila Anda atau orang terdekat mengalami kondisi ini secara tiba-tiba, tak perlu panik. Beberapa tindakan di bawah ini bisa dilakukan sebagai langkah pertolongan pertama yang tepat.

  1. Atur Posisi Tubuh

Langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah mempertahankan kondisi jalan pernapasan. Pasalnya, darah di saluran pernapasan dapat mengakibatkan gagal napas sehingga berakibat fatal bagi si penderita.

Bantu penderita agar berada pada posisi setengah duduk. Hindari posisi duduk tegak ataupun berbaring, agar penderita bisa bernapas dengan lebih baik. Selain itu apabila merasa ingin batuk kembali, ada baiknya untuk menghindari tarikan napas panjang karena dapat memicu darah kembali keluar.

  1. Berikan Air Putih Hangat

Batuk dapat bertambah parah apabila penderita kekurangan asupan cairan. Untuk itu Anda bisa memberikan air putih hangat agar rasa sakit di tenggorokan cepat menghilang. Air putih hangat juga baik untuk mengencerkan lendir, sehingga dapat membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.

  1. Teteskan Larutan Garam

Saline atau larutan garam juga bisa diberikan untuk membantu menghentikan pendarahan. Caranya, cukup siapkan larutan garam lalu usapkan atau teteskan pada tenggorokan dan hidung.

  1. Kompres Dengan Es

Tak jarang penderita juga merasakan sensasi panas pada dada akibat batuk berdarah. Apabila penderita merasa demikian, pertolongan yang dapat dilakukan adalah menyiapkan kompres es batu lalu meletakkannya di bagian dada penderita. Cara tersebut diharapkan bisa membantu mengurangi pendarahan serta menghilangkan sensasi rasa panas di dada.

  1. Periksakan Diri ke Dokter

Segera periksakan diri ke dokter, agar penyebabnya juga dapat segera diketahui. Karena bukan tak mungkin kondisi ini menjadi pertanda terganggunya kesehatan seseorang.

Apabila mengalami batuk disertai darah setelah mengalami cedera di bagian dada, terdapat darah pada urine atau tinja, keluar darah hingga kira-kira 240 ml, atau mengalami gejala syok seperti keringat dingin, sesak napas, dan pandangan gelap, segera menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat.

Apa Sebenarnya Penyebab Batuk Berdarah Tiba-Tiba?

Kondisi ini dapat disebabkan oleh batuk parah yang terjadi dalam kurun waktu cukup lama. Namun tak menutup kemungkinan adanya penyebab lain seperti pneumonia, TBC, kanker paru, kanker tenggorokan, edema paru, bronkitis, luka berat, efek samping penggunaan narkoba, efek samping obat pengencer darah, serta maag atau tukak lambung.

Apa Pengobatan yang Tepat?

Untuk bisa mengobati kondisi ini, tentu harus diketahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Pasalnya pengobatan yang dilakukan tak hanya mengobati batuk disertai darah, namun juga menyembuhkan penyebabnya. Sehingga ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar penyebabnya dapat segera diketahui.

Itulah pertolongan pertama yang bisa dilakukan bagi penderita batuk berdarah. Jangan anggap sepele, karena kondisi ini perlu penanganan yang tepat oleh dokter.