Cara Membuat Website Pendidikan Dengan Menggunakan WordPress

Cara Membuat Website Pendidikan Dengan Menggunakan WordPress

December 24, 2019 Off By admin

Setiap lembaga pendidikan biasanya memiliki website yang dikhususkan untuk lembaga pendidikan itu sendiri yang berisi tentang berbagai informasi sehingga masyarakat dapat lebih mudah dan cepat mengetahui informasi. Website pendidikan biasanya terdiri dari berbagai jenis domain dengan desain dan tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis lembaga pendidikannya.

Salah satu platform yang sering dan bisa dijadikan sebagai situs website pendidikan yaitu WordPress. WordPress sudah banyak digunakan baik sebagai website sekolah, website kumpulan materi pendidikan, kumpulan soal-soal dan pembahasannya, lembaga bimbingan belajar, dan lain-lain.

Langkah-Langkah Membuat Website Pendidikan WordPress

  1. Menginstall WordPress
  • Masuk ke http://namadomain.com/cpanel kemudian login. Username dan password biasanya sudah diberikan oleh penyedia layanan hosting yang disewa.
  • Atur nama server hosting ke domain terlebih dahulu yang biasanya membutuhkan waktu maksimal 1×24 jam.
  • Cari aplikasi Softcolous pada dashboard cPanel kemudian pilih WordPress.
  • Pada aplikasi Softcolous, terdapat pengaturan yang dapat di setting sesuai kebutuhan contohnya nama domain com atau wp, protocol http atau https, judul domain, deskripsi website, membuat username dan password, pemilihan bahasa, dan lain-lain.
  • Setelah proses instalasi WordPress selesai, login dengan memasukkan username dan password saat install WordPress sebelumnya.
  • Selesai
  1. Memilih Tema

Anda bisa mengatur tema website sekolah sesuai keinginan dengan cara masuk ke dashboard WordPress kemudian pilih Menu > Appearance > Theme > Add new > Upload. Anda bisa kreasikan tema anda sendiri sehingga berbeda dari tampilan website lainnya.

  1. Setting Permalink

Anda harus mengatur permalink untuk setiap artikel dan halaman yang dibuat sehingga akan lebih mudah diakses dengan tampilan yang lebih rapi dan friendly. Cara mengaturnya yaitu masuk ke dashboard kemudian buka menu Setting/Pengaturan > pilih Permalinks. Anda bisa mengatur sendiri dengan menggunakan tag (/%postname%/) agar setiap postingan yang sudah diupload bisa disesuaikan dengan judul halaman tanpa tahun atau bulan.

  1. Install Plugin Buddypress

Penggunaan plugin akan membantu mengaktifkan fitur khusus agar pembaca bisa mendaftar sebagai anggota yang merupakan cara untuk menarik pembaca. Salah satu plugin yang paling sering digunakan untuk website pendidikan yaitu Plugin Buddypress untuk kebutuhan komunitas agar bisa saling terhubung dan berinteraksi dengan mudah.