Database Informasi Karyawan, Siapa Saja yang Membutuhkannya?

Database Informasi Karyawan, Siapa Saja yang Membutuhkannya?

September 16, 2020 Off By admin

Banyak yang mengatakan bahwa informasi karyawan dibutuhkan oleh banyak pihak. Benarkah demikian? Jika iya, siapa saja pihak yang membutuhkan sistem tersebut?

Dari banyak informasi yang didapat, diketahui banyak banyak pihak yang membutuhkan database karyawan. Karena melalui database dapat mendukung pengembangan perusahaan. Namun jika ditilik lebih jauh, apakah semua jenis usaha membutuhkan database tersebut? Mungkin ada pertanyaan lagi seputar, kapankah sistem informasi karyawan dibutuhkan dalam usaha? Apakah pertanyaan yang sama ada di benak anda? jika demikian, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab di sini.

Kapan Sistem Informasi Karyawan Dibutuhkan?

Pertanyaan ini banyak disampaikan oleh pemilik usaha. Karena tidak melulu database karyawan dibutuhkan. Di sinilah, anda harus pandai-pandai kapan waktu yang tepat untuk memanfaatkan database. Jawaban dari pertanyaan ini adalah di saat pekerjaan administrasi manual tidak lagi dapat dilakukan. Contohnya, di saat jumlah karyawan telah mencapai ratusan atau ribuan.

Bila jumlah karyawan telah mencapai ribuan, anda tidak mungkin melakukan pendataan secara manual. Di saat inilah dibutuhkan sebuah database yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses administrasi, seperti pengecekan absensi dan pengganjian. Jika jumlah karyawan belum terlalu banyak, jangan memaksakan diri menggunakan database. Karena biaya menggunakannya, cukup tinggi.

Siapa yang Membutuhkan Database Karyawan?

Selain pertanyaan di atas, ada pertanyaan lain yang muncul terkait database karyawan. Pertanyaan tersebut adalah siapa yang membutuhkan database?

  1. Bidang Pendidikan

Pihak yang membutuhkan database karyawan adalah bidang pendidikan. Tidak hanya dimanfaatkan oleh guru atau dosen, database dimanfaatkan pula bagi mahasiswa atau siswa. Semuanya dapat menggunakan layanan, khususnya untuk fitur absensi. Kini tidak lagi dibutuhkan absen manual untuk masalah administrasi.

  1. Perkantoran

Kantor-kantor swasta adalah kantor yang sangat ketat bagi karyawannya. Tidak hanya masalah absen, kantor akan mengurusi berbagai hal lain terkait karyawan. Tidak ada batasan bidang perkantoran yang dapat memanfaatkan database. Selama anda telah yakin untuk memanfaatkan database, maka layanan dapat dimanfaatkan sekarang juga.

  1. Instansi Pemerintah

Kini instansi pemerintah turut berlomba untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Karenanya database karyawan mulai digunakan, untuk mendukung kedisiplinan setiap pegawai. Beberapa fitur yang digunakan dalam sistem ini adalah penggajian dan absensi. Pada database pun diharapkan terdapat fitur menghitung cuti ataupun libur pegawai.

  1. Usaha Kecil Menengah

Saat usaha tengah maju, anda dapat memilih menggunakan database untuk membantu pekerjaan. Saat ini telah tersedia beberapa usaha yang memanfaatkan database karyawan, seperti bidang otomotif ataupun konveksi dengan jumlah karyawan lebih dari sepuluh orang. Jika anda memiliki usaha dan sedang berkembang, tidak ada salahnya untuk menggunakan database.

Dalam bidang kesehatan, seperti rumah sakit pun memanfaatkan database karyawan didalamnya. Anda dapat melihatnya dipergunakan oleh semua staf. Serta terdapat beberapa bidang lain yang memanfaatkan sistem informasi karyawan untuk membantu pekerjaan. Intinya satu, selama dibutuhkan layanan siap untuk dimanfaatkan.