Ibu, Begini Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Ibu, Begini Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

July 20, 2020 Off By admin

Mengajarkan bayi untuk mulai mengonsumsi makanan selepas 6 bulan minum ASI merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Karena tak jarang bayi akan menolak makanan, sehingga membuat orang tua merasa cemas akan asupan gizi si buah hati. Jika sudah begitu, Anda harus mempelajari cara mengatasi bayi susah makan.

Penyebab bayi menolak makan pun cukup beragam, mulai dari enggan mencoba makanan baru, bosan dengan menu makanan, sedang tumbuh gigi, atau bahkan sedang dalam kondisi tidak enak badan. Karena itulah simak bagaimana mengatasi buah hati yang susah makan berikut ini.

  1. Tunggu Nafsu Makannya Kembali

Anda perlu bersabar untuk menunggu nafsu makan si Kecil kembali, terlebih ketika ia sedang sakit sehingga enggan untuk makan. Namun bukan berarti Anda tidak memberinya makan sama sekali.

Tetap berikan makanan untuk si Kecil seperti biasa, namun biarkan dirinya yang menentukan seberapa banyak ia ingin makan. Karena Anda tetap harus memberikan makanan untuknya, guna mengisi tenaga agar bayi cepat pulih dari sakit.

  1. Kenalkan Makanan Baru

Anda dapat mencoba memperkenalkan makanan baru bagi buah hati Anda. Guna membantu si Kecil untuk mau mencoba makanan baru, Anda dapat mengolah makanan tersebut mirip dengan makanan favorit yang sudah dikenalnya terlebih dahulu.

Misalnya bayi Anda sangat menyukai labu, dan Anda ingin memperkenalkan wortel kepadanya. Anda dapat menyiasati dengan mengolah labu dengan wortel yang ditumbuk halus. Yang terpenting usahakan agar bayi tidak kaget dengan makanan barunya, berilah porsi makan sedikit demi sedikit terlebih dahulu agar ia mau mencoba dan terbiasa.

  1. Menyuapi di Waktu yang Tepat

Memberi makan si Kecil di waktu yang tepat merupakan salah satu cara mengatasi bayi susah makan yang cukup ampuh. Karena umumnya bayi akan cenderung malas dan menolak untuk makan ketika dirinya sedang dalam kondisi mengantuk. Karena itulah Anda perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk menyuapinya.

  1. Memperhatikan Tekstur Makanan

Ketika buah hati memasuki fase perkenalan dengan makanan padat, kesalahan yang kerap dilakukan para ibu adalah tidak mengetahui tekstur makanan yang tepat bagi bayi sehingga membuat bayi susah makan.

Anda dapat membuat makanan dengan tekstur lembut dan lebih encer layaknya puree. Namun seiring bertambahnya usia, Anda juga harus mengganti tekstur makanannya menjadi semakin padat.

Trik Mengatasi Bayi Susah Makan

  • Dudukkan bayi di high chair atau kursi makan bayi dan berikan mainan berbunyi di mejanya. Jika si Kecil sudah bosan dengan mainannya, ganti dengan mainan yang lain.
  • Gunakan mainan ataupun benda lain yang dapat menarik perhatiannya agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya terbuka, segera suapi si Kecil.
  • Mintalah bantuan orang lain untuk makan di hadapan si Kecil. Dengan melihat orang lain makan, mulutnya pun akan menganga karena ‘latah’ dan Anda harus selalu sigap menyuapinya.

Cara mengatasi bayi susah makan rupanya tak sulit untuk dilakukan. Namun jika bayi susah makan hingga berpengaruh pada berat badannya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.