Kenali 5 Penyebab Terjadinya Keputihan Saat Hamil

Kenali 5 Penyebab Terjadinya Keputihan Saat Hamil

January 11, 2020 Off By admin

Wanita yang tengah mengandung berisiko mengalami keputihan. Keputihan saat hamil ini bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari penyebab alami seperti hormon yang tak seimbang atau pun semakin terdesaknya serviks oleh kepala bayi yang akan lahir. Namun, ada beberapa penyebab keputihan yang terjadi saat hamil yang disebabkan oleh kebiasaan ibu hamil tersebut.

  1. Memakai Celana Dalaman dan Luaran yang Ketat

Saat masih gadis saja, celana ketat sama sekali tak direkomendasikan untuk digunakan, apalagi saat Anda tengah berbadan dua. Celana ketat membuat area organ intim menjadi lembap. Area yang lembap merupakan tempat yang sangat disukai oleh bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Akibatnya, keputihan berisiko Anda alami karena terbiasa memakai celana yang ketat.

  1. Membersihkan Organ Intim dengan Cara Douching

Douching merupakan salah satu cara membersihkan organ intim dengan menggunakan larutan khusus. Walau dipercaya bisa membersihkan dan membuat organ intim berbau harum, namun douching dapat mempengaruhi pH pada organ intim. Jika pH pada organ intim tak seimbang, maka hormon pun juga akan mengalami gangguan, menyebabkan keputihan sangat mungkin untuk terjadi.

  1. Memakai Cara yang Keliru dalam Membersihkan Organ Intim

Kekeliruan dalam membersihkan organ intim, menjadi salah satu penyebab mengapa keputihan bisa muncul saat kehamilan. Cara membersihkan organ intim yang benar adalah dengan membersihkan dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Arah yang salah dapat memicu berpindahnya bakteri yang dari anus ke arah organ intim, membuatnya malah tak jadi bersih.

  1. Langsung Menggaruk Permukaan Organ Intim Saat Terasa Gatal

Jangan terbiasa menggaruk bagian organ intim Anda saat terasa gatal. Bakteri yang berada di tangan Anda, bisa berpindah ke organ intim, menjadikan kondisinya malah lebih parah dan keputihan pun berisiko muncul. Jika organ intim terasa gatal, gunakan handuk dengan tekstur yang lembut untuk meredakan rasa gatal tersebut. Jangan lupa juga untuk membasahinya dengan air hangat.

  1. Penggunaan Panty Liner Selama Seharian Penuh

Penggunaan panty liner sama sekali tak disarankan di kondisi normal. Namun, jika keputihan yang dialami begitu berlebihan, Anda bisa menggunakannya agar celana dalam tak malah jadi lembap. Perlu diingat, jangan menggunakan panty liner seharian penuh. Paling lama, gunakan panty liner selama 4 hingga 6 jam, agar keputihan yang Anda alami tak makin menjadi dan sulit untuk diatasi.

Keputihan masih dianggap wajar selama warnanya tak mencolok dan tak menyebabkan bau dan  sakit pada organ intim. Keputihan yang Anda alami saat hamil ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah kebiasaan saat hamil. Jika Anda terbiasa melakukan 5 hal di atas saat tengah hamil, segera tinggalkan kebiasaan tersebut karena bisa menyebabkan keputihan saat hamil.