Kesalahan Umum Membeli Asuransi Jiwa yang Harus di Hindari

Kesalahan Umum Membeli Asuransi Jiwa yang Harus di Hindari

October 19, 2020 Off By admin

Banyak orang yang membeli asuransi karena tergiur sama sales dan penawaran. Namun sedikit yang membeli karena memang benar – benar sadar akan pentingnya asuransi bagi kehidupan keluarga yang lebih nyaman dan terencana dengan baik.

Kesalahan inilah yang harus di benahi sejak awal, secara sederhana dalam memilih asuransi kami sarankan yang utama adalah pilihlah pembayaran premi yang sesuai dengan kemampuan anda, kemudian dari sisi kesehatan perusahaan tentu juga menjadi sebuah landasan utama.

Asuransi jiwa sendiri bergerak dalam hal pemberian perlindungan risiko terburuk bagi penggunanya termasuk tanggungan kematian misalkan.

Secara sah asuransi di Negara kita sendiri sudah diatur lengkap dalam UUD. Dimana di sana sangat jelas diartikan Asuransi sebagai perjanjian antara dua pihak, baik perusahaan dan anda sendiri sebagai pemegang polis asuransi dan kemudian menjadi salah satu alasan pemberian premi sebagai balasan untuk menggantikan kerugian dan memberikan pembayaran premi.

Manfaat Asuransi Jiwa

Nah ini juga yang sangat penting ketika kita berbicara asas manfaat, karena inilah orang kebanyakan memutuskan untuk membeli asuransi jiwa adalah bertujuan untuk menjaga kondisi keluarga mereka lebih nyaman dari risiko yang tidak diharapkan.

Perlindungan terhadap musibah

Ini adalah manfaat yang utama, dimana jika anda sudah membeli asuransi jiwa kemudian dalam perjalanannya anda mengalami musibah seperti cacat seumur hidup atau bahkan kematian maka sudah pasti menyebabkan penghasilan akan turun bahkan hilang.

Di sini, peran asuransi jiwa akan sangat berguna sebagai pemberi anda tanggungan secara penuh sesuai dengan perjanjian polis.

Memberikan kepastian bagi anda

Kepastian ini tentu sangat banyak mulai dari kepastian mendapatkan jaminan dan tanggungan, kepastian anda akan diberikan jaminan ketika pensiun dan lain sebagainya. Manfaat ini akan lebih terasa dalam jangka waktu yang lama seperti jaminan dalam dunia pendidikan dan masa depan keluarga anda.

Sebagai manajemen kelola keuangan terbaik

Keuangan anda akan terjaga di asuransi jiwa. Adanya perencanaan keuangan yang baik dan tentu saja transparan dan anda bisa menyusun sebuah rencana dan perlindungan dimasa yang akan datang dari sisi keuangan sendiri.

Memberikan Proteksi Sesuai Kebutuhan

Banyak jenis produk yang bisa anda pilih pada asuransi jiwa ini. Dimana tentu saja bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan utama anda dan tidak harus menggunakan semuanya demi mengirit pengeluaran premi bulanan.

Anda bisa saja memilih produk asuransi jiwa yang populer seperti kematian, kecelakaan, kesehatan, penyakit kritis dan masih banyak yang lain sesuaikan dengan kebutuhan anda

Kesalahan Beli Asuransi Jiwa

Oke sekarang mari kita coba bahas apa saja kesalahan yang terkadang orang tidak sadar dalam memilih asuransi jiwa ini. Kira kira berikut penjelasan detailnya.

Tidak Membeli Sesuai dengan Kebutuhan

Ketika anda ditawarkan asuransi jiwa, anda harus pikirkan dengan matang mau membeli yang mana. Karena ada beberapa pilihannya, usahakan beli yang benar – benar prioritas utama karena kalau anda membeli tanpa memikirkan ini bisa jadi akan sia sisa saja.

Ada baiknya memang anda bisa juga konsultasi ke perusahaan yang menawari anda, utarakan kondisi anda yang sekarang dan minta mereka memberikan saran terbaik.

Ketahui detail kontrak sebelum menandatangani

Ini juga menjadi sebuah bagian terpenting yang kadang banyak orang mengabaikannya. Kontrak asuransi ini sifatnya mengikat di ikat oleh hukum perdata yang valid jadi anda harus berhati hati dalam masalah ini.

Kesalahan fatal dalam memahami isi kontrak inilah yang kadang membuat konflik antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Kejadian umum seperti klaim anda akan ditolak secara mentah – mentah.

Cek ulang kebijakan polis dengan sangat teliti

Setelah anda mendapatkan polis asuransi jiwa ini, kami sarankan sempatkan anda melakukan proses chek, meskipun memang kebanyakan dokumen dalam perjanjian ini sangat tebal bisa jadi ada beberapa kalimat yang tidak sesuai dengan keinginan anda.

Jikapun nanti sudah yakin anda cek, kemudian sudah turun resmi polisnya dan ternyata tidak sesuai, maka anda berhak melakukan pengajuan ulang review sehingga memang benar sesuai dengan perjanjian awal.

Beri tahu keluarga Anda

Ini menjadi hal terpenting juga, jangan sampai keluarga anda minimal istri tidak tahu asuransi yang anda gunakan sekarang. Anda bisa menjelaskan dengan lengkap polis dan tata cara klaimnya, karena ketika anda misalkan tiba – tiba terkena musibah maka yang akan mengurus urusan klaim adalah keluarga anda sendiri.