Posisi Pelekatan Menyusui yang Benar Menurut Anjuran Dokter

Posisi Pelekatan Menyusui yang Benar Menurut Anjuran Dokter

July 16, 2020 Off By admin

Setelah melahirkan, menyusui adalah salah satu hal yang paling penting bagi seorang ibu. Ya, dengan menyusui, maka semua nutrisi bayi yang baru lahir akan bisa dipenuhi dengan cukup baik. Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara pelekatan menyusui yang benar untuk memudahkan proses menyusui?

Bagi ibu menyusui, memang pelekatan menyusui adalah salah satu hal yang paling penting agar mereka merasa nyaman saat sedang menyusui. Selain itu, posisi menyusui juga akan berpengaruh pada jumlah ASI yang akan diterima oleh bayi. Tentu, dengan posisi menyusui yang tepat, maka bayi akan menerima ASI dengan maksimal.

Lantas, bagaimana posisi pelekatan menyusui yang tepat dan sesuai dengan anjuran dokter? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beragam Posisi Menyusui yang Benar

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika menyusui dilakukan dalam posisi yang tepat. Oleh karenanya, mempelajari bagaimana posisi pelekatan menyusui yang tepat merupakan hal yang perlu.

Nah, adapun beberapa posisi pelekatan menyusui yang tepat dan sesuai dengan anjuran dokter adalah sebagai berikut:

  • Posisi kepala bayi lebih tinggi dari tubuh

Salah satu posisi pelekatan menyusui yang tepat adalah ketika posisi kepala bayi cenderung lebih tinggi daripada posisi tubuhnya. Ini adalah posisi mendasar yang harus dipahami ibu menyusui dengan tepat.

Posisi kepala bayi yang lebih tinggi dari tubuh akan memudahkan bayi untuk bisa menelan ASI dari payudara. Tidak hanya itu, dengan posisi pelekatan menyusui ini, maka bayi juga akan cenderung bebas dari risiko tersedak.

  • Dekatkan bayi ke payudara

Mendekatkan bayi ke payudara adalah suatu keharusan. Tentu, ibu menyusui wajib untuk melakukan hal ini. Memang, pada awalnya, bayi tidak bisa mencari posisi putting ibu secara otomatis, oleh karenanya ibu menyusui harus mengarahkannya terlebih dahulu dan memastikan bahwa posisi putting sudah tepat.

  • Memastikan posisi pelekatan sudah benar

Saat mulut bayi sudah menempel pada putting, maka memastikan posisi pelekatan menyusui yang benar adalah hal yang harus dilakukan. Lalu, bagaimana kriteria bahwa pelekatan menyusui tersebut sudah benar?

Nah, dalam hal ini, kondisi mulut bayi yang menutup permukaan areola adalah tanda bahwa pelekatan sudah benar. Selain itu, pelekatan yang baik akan membuat ibu menyusui merasa nyaman dan tidak nyeri selama proses menyusui berlangsung.

Selain pelekatan menyusui, hal lain yang perlu diperhatikan adalah waktu menyusui. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah ibu menyusui memberikan ASI hingga anaknya terlelap tidur. Padahal sebenarnya ada aturan mengenai waktu pemberian ASI yaitu sekitar 5 hingga 40 menit agar bayi tidak kekenyangan.

Demikian beberapa ulasan tentang pelekatan menyusui. Pahami hal ini dengan benar agar Anda –sebagai ibu menyusui bisa memberikan ASI kepada bayi dengan sempurna.