Simak! 3 Pengobatan untuk Penderita Varikokel

Simak! 3 Pengobatan untuk Penderita Varikokel

May 18, 2022 Off By admin

Varikokel merupakan pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah vena dalam kantong zakar atau yang biasa disebut skrotum. Hal ini dapat menyebabkan kualitas serta kuantitas sperma menurun, testis yang gagal berkembang atau bahkan menyusut, bahkan hal ini dapat menyebabkan kemandulan. Berikut adalah beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk penderita Varikokel.

1. Embolisasi Varikokel

Embolisasi merupakan teknik yang tidak invasif. Embolisasi merupakan prosedur bedan di mana material khusus dimasukkan ke dalam pembuluh darah melalui alat yang bernama kateter untuk menghentikan adanya pendarahan.

Kateter kecil dimasukkan ke selangkangan atau vena leher, setelah itu kawat kemudian di masukkan ke kateter menuju vena yang membesar kemudian mengambil gumpalan darah yang terdapat pada vena abnormal.

Infertilitas merupakan komplikasi tersering dari penyakit varikokel ini. Anda harus mengkonsultasikan pada dokter apabila Anda memiliki kesulitan atau masalah kehamilan dengan pasangan, pembedahan ini tidak hanya jika penyakit memicu rasa nyeri, tetapi juga ketika ingin mempunya anak..

2. Operasi

Pengobatan kedua untuk penderita Varikokel adalah dengan cara operasi, tindak operasi yang akan dilakukan adalah menjepit atau bahkan mengikat pembuluh darah yang telah mengalami varikokel yang dilakukan untuk menghambat aliran darah ke pembuluh tersebut. Dengan begitu, darah yang terhambat akan mengalir ke pembuluh darah yang normal.

Operasi tersebut bisa dilakukan dengan bedah yang terbuka atau bisa juga dengan teknik sayatan minimal dengan alat khusu yang bernama laparoskop. Proses pemulihan dari operasi ini ada 1-2 haru, namun, karena hal ini pasien dilarang untuk melakukan aktivitas berat 10 hingga 14 hari. Setelah itu pemeriksaan oleh dokter perlu dilakukan selama 3-4 bulan.

3. Pengobatan di Rumah

Jika terjadi pembengkakan atau rasa nyeri yang berlebih pada skrotum. Hal hal yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangan varikokel agar tidak bertambah parah adalah dengan merubah beberapa gaya hidup dan melakukan beberapa hal dirubah seperti menggunakan celana khusus atau celana dalam yang tidak ketat.

Selain itu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen jika rasa sakitnya berlangsung lama. Walaupun sudah diobati di rumah, jika sakitnya berlangsung lama, penderita harus tetap menghubungi dokter jika mengalami masalah pada kesuburan.

Sebagai bentuk pencegahan agar terhindar dari penyakit varikokel ini, Anda bisa memeriksakan testis Anda sendiri, seperti merasakan bentuknya, memeriksa setiap habis mandi, Anda harus mulai waspada jika merasakan sensasi agak nyeri ketika diperiksa mandiri.

Demikianlah beberapa cara pengobatan untuk penyakit varikokel, jika Anda menyukai artikel ini, Anda bisa menemukan artikel kesehatan lainnya di Orami, di sana Anda Dapat menemukan berbagai macam artikel yang bisa Anda jadikan sebagai bahan bacaan serta referensi Anda untuk menambah pengetahuan dalam segala bidang.