Stimulasi Sederhana untuk Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

Stimulasi Sederhana untuk Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

December 25, 2020 Off By admin

Tumbuh kembang anak 2 tahun tak hanya wajib diketahui oleh guru yang mengajar PAUD. Bunda sebagai guru si kecil di rumah pun juga wajib paham. Anak kecil usia 2 tahun terutama di daerah perkotaan, kini sudah banyak yang sekolah. Biasanya, orang tua memutuskan untuk menyekolahkan si kecil karena mereka harus bekerja. Tetapi, ada pula yang sengaja menyekolahkan agar kegiatan si kecil banyak manfaatnya. Tentunya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Kebanyakan kegiatan tersebut semacam permainan sederhana yang menyenangkan anak. Mau tahu apa saja kegiatannya?

Berdiri Seperti Bangau

Bunda, jika bunda ingin si kecil tak mudah jatuh dan keseimbangan tubuhnya semakin bagus, bunda bisa memintanya menirukan burung bangau. Ketika bunda memintanya, ia pastilah akan tampak antusias. Agar semakin nyata, bunda bisa menunjukkan gambar bangau. Cara menirukan burung bangau adalah dengan meminta si kecil berdiri dengan satu kaki dan merentangkan kedua tangannya. Teruslah mengulanginya dengan menaikkan kaki kiri dan kanan secara bergantian. Dengan begitu keseimbangan akan mudah didapatkan.

Bermain Lompat Lompatan

Agar tumbuh kembang anak 2 tahun semakin apik, bunda juga bisa mengajaknya melompat lompat dengan permainan yang sederhana. Anak usia 2 tahun memang sangat suka dengan kegiatan melompat lompat. Bunda yang baik, hanya perlu mendukungnya. Bentuk dukungannya bisa diberikan dengan mengajarinya melompat dengan 2 kaki. Melompat dengan kaki tentu akan lebih aman dan nyaman untuk si kecil. Bunda juga bisa mengajarinya permainan sederhana dengan menggambar beberapa persegi di lantai dan meminta dan menemaninya melompat di dalam persegi itu. Tentu, si kecil akan riang gembira.

Melempar Bola

Permainan lain yang bisa dilakukan untuk membuat tumbuh kembang anak usia 2 tahun semakin baik adalah bermain melempar bola. Tentu, tak boleh asal dalam melempar bola karena dikhawatirkan akan mengenai anak dan membuat anak menangis. Bunda bisa mengajak si kecil main bola dan memintanya menangkap dengan kedua tangannya. Mintalah si kecil untuk meletakkan kedua tangannya di depan dada dan bunda bisa melemparkannya perlahan. Mulailah dari jarak yang dekat. Apabila si kecil sudah mulai menguasai permainan, bunda bisa mencobanya dengan jarak yang lebih jauh.

Menari dengan Gerak Lagu

Bagi bunda yang di rumah masih bingung dalam menstimulasi tumbuh kembang anak 2 tahun, bunda bisa melakukan hal yang sederhana. Bunda bisa menyetelkan si anak lagu yang disukainya, pilihlah lagu yang menyenangkan. Mintalah anak untuk menari sesuai dengan gaya yang diinginkannya. Atau, bunda bisa menyetelkan lagu anak yang sekaligus ada gerakannya dan mintalah si kecil menirukannya. Agar si kecil semamgat, tak ada salahnya bunda ikut melakukan joget gerak dan lagu.

Ternyata cara untuk menstimulasi tumbuh kembang anak usia 2 tahun begitu sederhana dan menyenangkan. Bunda tak perlu ambil pusing dan cukup menemaninya untuk melakukan aktivitas aktivitas tersebut secara rutin. Demi perkembangan anak tumbuh pesat, bunda juga bisa memberikan tambahan asupan seperti susu. Susu yang bisa diberikan yaitu susu uang memiliki nutrisi lengkap seperti produk susu dari bebeclub. Dengan asupan yang cukup dsn latihan yang rutin pastinya tumbuh kembang anak 2 tahun semakin maksimal.